DED TPA HEULEUT , KABUPATEN MAJALENGKA

1.1.        Otorisasi Pekerjaan

 

Pelaksanaan pekerjaan penyusunan Detail Engineering Design (DED) Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk Kabupaten Majalengka yang berlokasi di Desa Heuleut, Kecamatan Kadipaten berdasarkan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Surat Perjanjian Kontrak antara Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah Kabupaten Majalengka  dengan PT Massuka Pratama Engineering & Management Consultant

 

1.2.        Latar Belakang

 

Salah satu misi yang diemban oleh Pemerintah Kabupaten Majalengka dalam melaksanakan pembangunan adalah Memberdayakan ekonomi rakyat dan perekonomian daerah dengan basis agribisnis, industri, pariwisata dan sektor unggulan lainnya dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan.

 

Perkembangan pembangunan di wilayah Kabupaten Majalengka dalam rangka memajukan kesejahteraan masyarakat terus ditingkatkan. Perkembangan pembangunan, perkembangan tingkat perekonomian dan pertumbuhan penduduk akan memberikan dampak semakin meningkatnya volume timbulan sampah, dan apabila tidak dikelola dengan baik akan berpengaruh negatif terhadap kelestarian lingkungan.

Pengelolaan sampah di Kabupaten Majalengka seperti halnya di wilayah kabupaten/kota lainnya, meliputi kegiatan operasional penyapuan, pengumpulan, pengangkutan dan pembuangan akhir sampah.  Khusus kegiatan pembuangan akhir sampah, Kabupaten Majalengka memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di desa Heuleut, Kecamatan Kadipaten, dengan luas ± 3 Ha. Kondisi TPA saat ini merupakan TPA dengan sistem pembuangan secara penimbunan terbuka (Open Dumping), serta prasarana dan sarana yang masih belum memadai sehingga memiliki potensi terjadinya gangguan terhadap kelestarian lingkungan sekitarnya dan gangguan kelancaran proses pembuangan akhir serta kelangsungan terhadap pelayanan pembuangan akhir sampah dari wilayah pelayanan di Kabupaten Majalengka.

Kondisi prasarana dan sarana TPA Heuleut yang tidak memadai ini mendorong untuk melakukan perbaikan baik dalam hal sistem pembuangan dari yang saat ini open dumping menjadi minimal controlled landfill atau sanitary landfill maupun kelengkapan prasarana dan sarana untuk menunjang pelaksanaan sistem pembuangan tersebut. Rencana perbaikan dan peningkatan prasarana dan sarana serta peningkatan sistem pembuangan tersebut sebagai upaya dalam peningkatan kinerja pelayanan pengelolaan sampah di Kabupaten Majalengka.

Guna merealisasikan peningkatan sistem pembuangan sampah yang berorientasi kepada kelestarian lingkungan yaitu sistem Sanitary Landfill, maka diperlukan perencanaan secara baik dan benar sehingga dapat menjadi acuan dalam penyediaan anggaran dan pelaksanaan pembangunannya. Dalam kerangka ini maka diperlukan pelaksanaan pekerjaan perencanaan berupa perencanaan terinci (Detail Engineering Design-DED) TPA Heuleut di Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Majalengka.

 

 

 

1.3.        Maksud dan Tujuan

 

Maksud dari pelaksanaan pekerjaan perencanaan terinci –DED ini adalah untuk menyiapkan rencana perbaikan dan pembangunan TPA saniitary landfill, TPA yang ramah lingkungan sehingga dapat :

  1. Mengurangi polusi terhadap lingkungan sekitarnya.
  2. Mengendalikan dan mengolah air lindi yang ditimbulkan dari timbunan sampah.
  3. Mengendalikan gas methane.
  4. Membatasi sebaran dampak dari adanya zona penyangga (buffer zone).
  5. Melindungi air tanah dari pengaruh rembesanair lindi.

Tujuan yang ingin dicapai dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah tersedianya dokumen perencanaan terinci yang meliputi :

  1. Gambar teknis;
  2. Rancangan anggaran biaya (RAB) pembangunan

 

1.4.        Ruang Lingkup Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan penyusunan DED TPA Desa Heuleut, Kecamatan Kadipaten dibatasi oleh dua hal, yaitu:

1)      Batasan luas perencanaan, dalam hal ini perencanaan seluas area TPA seluas ± 3 Ha, atau sesuai dengan hasil pengukuran tanah.

2)      Batasan kedalaman materi perencanaanyang meliputi:

  • Survey awal di daerah perencanaan
  • Pengumpulan data primer dan sekunder
  • Identifikasi situasi dan kondisi sekitar daerah perencanaan
  • Analisis dan perhitungan daya dukung/kapasitas tampung lahan TPA
  • Penentuan dan penyusunan kriteria perencanaan
  • Perhitungan DED
  • Pembuatan gambar teknis, RKS dan Spesifikasi Teknis.

 

1.5.        Sistematika Pelaporan

Secara garis besar Laporan Akhir ini berisi :

BAB  I :      PENDAHULUAN

Yang berisi tentang otorisasi, latar belakang, tujuan, ruang lingkup kegiatan dan sistematika pelaporan.

 

BAB  II :     KONDISI EKSISTING TPA HEULEUT

Memuat sejumlah informasi mengenai karakteristik fisik lingkungan, kondisi sosek dan kependudukan di sekitar TPA, kondisi tepat pembuangan akhir saat ini (eksisting), permasalahan dan cara penanganannya di tingkat pengumpulan.

 

BAB  III :    KRITERIA PERENCANAAN

Memuat sejumlah konsep/model/metode yang berkenaan dengan TPA, dan akan digunakan sebagai dasar untuk pekerjaan DED TPA Heuleut.

 

BAB  IV :   RANCANGAN RINCI (DED) TEMPAT

                   PEMBUANGAN AKHIR

Berisi sejumlah analisa data timbunan sampah, pola penanganan sampah, analisa kebutuhan lahan TPA, rencana penyiapan lahan untuk landfill, rencana pembagian lahan kerja, rencana kapasitas lahan untuk pengurugan  dan penimbunan, rencana tanah liner dan penutup, rencana jaringan drainase, rencana pengolahan leachate dan pengelolaan gas, rencana kawasan penyangga, bangunan penunjang, rencana kebutuhan alat berat, rencana jalan akses dan operasi, rencana pengelola TPA, rencana pentahapan implementasi pembangunan, rencana pembahasan dan evaluasi alternatif sistem yang paling tepat untuk diterapkan di TPA Heuleut.  

 

BAB  V :    RENCANA OPERASIONAL DAN PEMANTAUAN

Akan membahas penjelasan tentang prosedur pengoperasian, langkah-langkah pembentukan dasar TPA, pembuatan sistem pengumpulan leachate/lindi, drainse, penimbunan sel, pemberian lapisan penutup, pembuatan sistem ventilasi, pengolahan gas, pemantauan kualitas air permukaan dan air tanah, pemantauan sanitasi lingkungan sekitar TPA.

 

BAB  VI :   RENCANA ANGGARAN BIAYA

Akan membahas penjelasan tentang perkiraan biaya pelaksanaan pembangunan.

 

 

BAB  VII : KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

Akan membahas kesimpulan dari pekerjaan DED TPA Heuleut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s