RAN EMISI GRK SEKTOR TRANSPORTASI 2010

 

BIDANG

6. ENERGI DAN TRANSPORT

Target Penurunan Emisi (26%)   :

0,038 (Giga ton)

Target Penurunan Emisi (41%)   :

0,018 (Giga ton)

 

Kebijakan yang Dilaksanakan untuk Menunjang RAN-GRK :

  1. Meningkatkan ketahanan energi SAMBIL menurunkan emisi CO2
  2. Pengembangan transportasi ramah lingkungan

Strategi :

  1. Peningkatan efisiensi penggunaan energi
  2. Meningkatkan penggunaan EBT
  3. 3.    Menggunakan bahan bakar yang lebih bersih (fuel switching)
  4. Memanfaatkan teknologi energy bersih
    1. 5.     Menekan tingkat penggunaan kendaraan pribadi dan mendorong penggunaan angkutan umum melalui Transportation Demand Management (TDM, mengurangi kemacetan lalu lintas  melalui Intelligent Transport System (ITS) dan Traffic Impact Control (TIC)
    2. 6.     Mendorong penggunaan transportasi tidak bermotor
    3. 7.     Peningkatan efisiensi penggunaan bahan bakar fosil melalui perbaikan sistem angkutan umum massal (MRT, BRT dan sistem transit) dan perbaikan teknologi kendaraan bermotor
    4. 8.     Peningkatan efisiensi operasional penggunaan angkutan barang
    5. 9.     Penyusunan kebijakan pendukung pengurangan emisi CO2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

NO

RENCANA AKSI

INDIKATOR SASARAN

VOLUME KEGIATAN

PERIODE

LOKASI

BIAYA

PENANGGUNGJAWAB (PJ)/ PELAKSANA

KETERANGAN

RP. (Miliar)

SUMBER

Sektor Transportasi

1.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pembangunan ITS Jabodetabek

Target Penurunan Emisi CO2 (Juta Ton):

TN = 0,71

Jabodetabek  = 0,71

 

  1. Mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas
    1. Meningkatkan koordinasi antar simpang
    2. Memberikan sistem prioritas bus di persimpangan
    3. Modal shift dari kendaraan pribadi ke transportasi massal

 

Asumsi

  • jika telah terbangun secara lengkap seluruh Jabodetabek dan didukung dengan upaya lainnya seperti TDM

 

1 Paket

2010-2020

Jabodetabek

 

505

APBN

 

Kementerian Perhubungan

TN = Total Nasional

(penjumlahan emisi)

 

KM= Kota  Metropolitan

KB=  Kota Besar

 

 

2.

Pembangunan ITS

(Inteligent Transport System)

Target Penurunan Emisi CO2 (Juta Ton):

TN = 1,06

KM = 0,79

KB = 0,27

 

a. Mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas dengan koordinasi simpang

b. Meningkatkan koordinasi antar simpang

  1. Memberikan sistem prioritas bus di persimpangan

d. Modal shift dari kendaraan pribadi ke transportasi massal

12 Paket

di 12 kota (1 paket untuk 1 kota)

 

 

2010-2020

Medan, Bandung, Surabaya, Makassar, Palembang, Semarang, Balikpapan, Denpasar, Yogyakarta, Padang, Pekanbaru dan Banjarmasin

 

500

 

 

APBN

Kementerian Perhubungan

Sekitar 50% dari kota Metropolitan dan 40%dari  kota Besar

3.

Penerapan Pengendalian Dampak Lalu-Lintas (Traffic Impact Control/TIC)

Target Penurunan Emisi CO2 (Juta Ton):

TN = 0,24

KM = 0,24

 

Pengeluaran izin bangunan disyaratkan adanya analisis dampak lalu-lintas

 

10 Paket

untuk

10 kota

2010-2020

Kota-kota Metropolitan

22,5

APBD

Dishub Propinsi/ Kota

“Mengendalikan dampak lalu-lintas akibat pembangunan sehingga tidak mengurangi kinerja sistem transportasi secara keseluruhan”.

4.

Manajemen Parkir

Target Penurunan Emisi CO2 (Juta Ton):

TN = 1,07

KM = 0,79

KB = 0,27

 

  1. Mengurangi modal share di pusat kota
  2. Mengurangi penggunaan kendaraan pribadi

 

Asumsi:

  • Sistem elektronik untuk mencegah kebocoran
  • Digunakan TDM

 

10 Paket

 

(1 paket/tahun

Untuk kota metropolitan, dan kota besar)

2010-2020

Kota Metropolitan dan kota Besar

100

 

 

APBD/ Swasta

Dishub Propinsi/ Kota/ Kabupaten

  1. Penerapan sistem pengendali parkir
  2. Mengurangi tempat parkir gratis
  3. Mengurangi on-street parking
  4. Menerapkan kebijakan parkir harga tinggi di pusat kota

 

5.

Congestion Charging dan Road Pricing (dikombinasikan dengan angkutan umum massal cepat)

Target Penurunan Emisi CO2 (Juta Ton):

TN = 0,41

KM = 0,41

 

  1. Mengurangi modal share kendaraan pribadi di pusat kota
  2. Mengurangi kemacetan di area pembatasan lalu-lintas.

 

Asumsi:

  • Area pricing
  • Satu paket dengan peningkatan jumlah dan kualitas BRT

 

2 Paket

2010-2020

Jakarta dan Surabaya

500

APBN

+

LN

Kementerian Perhubungan dan Kementerian Keuangan

 

6.

Reformasi  Sistem transit (BRT/ semi BRT)

Target Penurunan Emisi CO2 (Juta Ton):

TN = 0,69

KM = 0,51

KB = 0,18

 

Asumsi:

  • Mode Shift dari mobil pribadi, sepeda motor dan bus yg ada.

 

 

  • Tiap tahun diadakan sebanyak 43 bus.

 

2010-2020

Kota Metopolitan dan Kota Besar

800

 

APBN

Kementerian Perhubungan

  • Komposisi modal shift: mobil 15%, sepeda motor 25%,  bus 60%.

 

7.

Peremajaan Armada Angkutan Umum

Target Penurunan Emisi CO2 (Juta Ton):

TN = 0,36

 

Asumsi:

  • Bus baru akan mereduksi konsumsi bahan bakar 5-7%.
  1. Peraturan desain kendaraan (standard desain)
  2. Jumlah bus baru tiap tahun diperkirakan 6.000 unit untuk 40 kota.

2010-2020

Area  Kota Metropolitan dan Kota Besar

1800

Swasta

Kementerian Perhubungan

 

8.

Pemasangan Converter Kit pada Angkutan Umum (Gasifikasi Angkutan Umum)

  • Emisi CO2 tereduksi hingga 25%

 

  • Pemasangan Converter Kit rata-rata 1.000 unit per tahun.

 

  • Dilakukan pada taksi dan angkot ygang menggunakan bensin.
  • Sudah termasuk dalam program Kementerian ESDM.

 

Tiap tahun 1000 Converter Kit

2010-2020

Bodetabek, Surabaya, Balikpapan, Prabumulih, Cirebon, Banten,

Medan,

Cikampek

150

APBN

Kementerian Perhubungan

 

9.

Program pelatihan dan sosialisasi smart driving (eco-driving)

Target Penurunan Emisi CO2 (Juta Ton):

TN = 0,02

 

Asumsi:

  • Jumlah pengajar  dan operator angkutan umum yang terlatih
  • Pelatihan eco driving diperkirakan menurunkan tingkat emisi CO2 sebanyak 15%.

 

50.000 orang/tahun

(1 tahun 5 kota)

2010-2020

Kota Metropolitan dan Kota Besar

75

APBN

Kementerian Perhubungan

Pelatihan kepada  Pengajar, Operator angkutan umum ditambah sosialisasi kepada masyarakat melalui penyebaran booklet

10.

Non Motorized Transport (Pedestrian dan Jalur Sepeda)

 

Target Penurunan Emisi CO2 (Juta Ton):

TN = 0,21

 

Asumsi:

  1. a.     80% trotoar untuk jalan dalam kota
  2. Jalur sepeda yang ada di kota-kota (Jakarta, Yogyakarta, Solo, Sragen, Balikpapan, Palembang, dll.)

Tiap tahun 5 kota

2010-2020

Kota Metropolitan dan Kota Besar

100

APBN

Kementerian Perhubungan (PJ)

 

11.

Pengembangan KA Perkotaan Bandung (jalur ganda, elektrifikasi, pengadaan KRL)

 

  1. Prediksi pnp sebesar 15.259 org/tahun;
  2. Prediksi pengurangan konsumsi BBM untuk kendaraan sebesar 16.022 liter/tahun;
  3. Prediksi pengurangan emisi CO2 sebesar 36.219 ton CO2/tahun.

 

42 km

2010-2020

Provinsi Jawa Barat (Padalarang – Bandung – Cicalengka)

1,77

APBN

Kementerian Perhubungan

Pengembangan KA Perkotaan Bandung (jalur ganda, elektrifikasi, pengadaan KRL)

 

12.

Pembangunan double-double track (termasuk elektrifikasi)

  1. Prediksi pengurangan konsumsi BBM (dari peralihan penggunaan KRD menjadi KRL) sebesar 198 liter/km;
  2. Prediksi pengurangan emisi CO2 sebesar 529 ton CO2/km.

 

34 km

2010-2014

Provinsi DKI Jakarta (Manggarai – Cikarang)

6,78

APBN

Kementerian Perhubungan

 

13.

Pengadaan KRL

  1. Prediksi pengurangan konsumsi BBM (dari peralihan penggunaan KRD menjadi KRL) sebesar 198 liter/km;
  2. Prediksi pengurangan emisi CO2 sebesar 529 ton CO2/km.

248 unit

2010-2020

Provinsi DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Timur

3,27

APBN

Kementerian Perhubungan

 

14.

Pembangunan MRT Jakarta

 

  1. Prediksi pnp sebesar 112.967.500 org/tahun;
  2. Prediksi pengurangan konsumsi BBM untuk kendaraan sebesar 39.538.625 liter/tahun;
  3. Prediksi pengurangan emisi CO2 sebesar 89.381.016 ton CO2/tahun. 

 

14 km

2010-2020

(target operasi 2016)

Provinsi DKI Jakarta (Lebak Bulus – Dukuh Atas)

9,80

APBN/APBD/ Swasta

Pemprov DKI Jakarta

 

15.

Pembangunan jalur KA Bandara Soekarno Hatta

  1. Prediksi pnp sebesar 55.000.000 org/tahun;
  2. Prediksi pengurangan konsumsi BBM untuk kendaraan sebesar 45.375.000 liter/tahun;
  3. Prediksi pengurangan emisi CO2 sebesar 102.574.725 ton CO2/tahun. 

 

33 km

2010-2020

Provinsi DKI Jakarta & Banten (Manggarai – Bandara Soekarno Hatta)

5,00

APBN/Swasta

Kementerian Perhubungan (PJ) / Swasta

 

16.

Pembangunan monorail Jakarta

 

 

  1. Prediksi pnp sebesar 216.360 org/tahun;
  2. Prediksi pengurangan konsumsi BBM untuk kendaraan sebesar 129.834 liter/tahun;
  3. Prediksi pengurangan emisi CO2 sebesar 293.503 ton CO2/ tahun. 

24 km

2010-2014

Provinsi DKI Jakarta

4,80

APBN/

APBD/ Swasta

Pemprov DKI Jakarta

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s